MARI ANTISIPASI ADANYA BENCANA ALAM

On Selasa, 22 Februari 2011 0 komentar


Mengingat secara geografis wilayah Indonesia termasuk daerah rawan bencana, tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi bencana-bencana yang belakangan ini sering terjadi ?
Pertama : Perlu adanya sosialisasi yang rinci tentang bencana yang meliputi antisipasi dan penanggulangannya. Tugas ini menjadi tanggung jawab pemerintah bersama jajaran LSM yang bergerak di bidang liungkungan hidup untuk terjun langsung ke masyarakat. Media massa juga harus turut berperan, melalui iklan layanan masyarakat.



Kedua : Mri kita tingkatkan kewaspadaan dan kesiapan menghadapi bencana yang kapanpun bisa datang. Persediaan peralatan dan fasilitas evakuasi menjadi bagian pokok yang harus diutamakan. Jika perlu, ada perhatian khusus terhadap daerah-daerah yang rawan terisolir, misalnya dengan menyediakan lokasi evakuasi khusus, sehingga ketika saat bencana terjadi mereka tidak perlu lama menunggu datangnya bantuan.
Ketiga : Mari kita hidupkan hukum yang benar berpihak pada kebenaran. Mulai dari pembenahan aparat hokum kemudian disusul dengan kerjasama di bidang hokum dengan Negara-negara tetangga yang menjadi tujuan para buron, karena itu akan memudahkan pengejaran mereka meskipun berada di negeri orang.
Keempat : Ini yang paling penting, yaitu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan sekitar. Jika ini bisa terwujud, bukan tak mungkin di masa yang akan datang bangsa kita terbebas dari bencana.

0 komentar:

Posting Komentar